Memulai Usaha Konveksi Seragam Sekolah

Usaha Konveksi Seragam

Seragam sekolah adalah busana wajib yang harus dimiliki oleh seorang siswa. Maka dari itu, memiliki bisnis di lini bidang ini tentu pasti menjanjikan. Pasarnya pasti ada, yaitu sekolah. Nah, bagaimana sih cara memulai usaha konveksi seragam sekolah?

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana tips dan trik memulai usaha konveksi baju atau seragam sekolah yang gampang. Namun, tentu membutuhkan waktu. Karena usaha konveksi adalah usaha yang butuh waktu.

Memulai Usaha Konveksi Seragam Sekolah

 Usaha Konveksi Seragam
Gambar oleh MrGajowy3 dari Pixabay

Siapkan Modal yang Cukup

Pertama dan yang paling utama adalah menyiapkan modal. Modal yang cukup adalah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Tanpa adanya modal, kamu tidak akan bisa memulai usaha konveksi.

Modal ini tentu digunakan untuk membeli alat dan bahan konveksi. Karena memang, konveksi baju adalah sebuah usaha yang memproduksi sebuah barang. Sehingga mau nggak mau harus tersedia alat dan bahannya.

Jika kamu belum memiliki alat dan bahan konveksi, kamu bisa menabung terlebih dahulu. Sehingga sedikit demi sedikit kamu bisa mencicil membeli alat konveksi yang tidak murah. Beberapa alat konveksi yang kamu butuhkan bisa kamu cari di internet.

Dapatkan Tempat yang Strategis

Step kedua adalah menentukan tempat yang strategis. Bisnis konveksi seragam sekolah tentu membutuhkan tempat yang tepat. Di dekat sekolah misalnya. Sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini dan memiliki calon klien yang dekat.

Jika tidak, kamu bisa mendirikannya di pinggir jalan. Pokoknya, jangan sampai memilih tempat yang terpencil untuk usaha konveksi seragam sekolah. jika hal itu kamu lakukan, kemungkinan besar, usaha kamu tidak akan dilihat oleh banyak orang.

Maka dari itu, pastikan memilih tempat yang tepat. Jangan sampai sekali-kali berpikiran untuk memilih tempat yang salah dalam menentukan tempat bisnis konveksi seragam kamu. Karena hal ini juga, kamu perlu modal yang cukup.

Baca juga: Klasifikasi Geotextile dalam Pembangunan

Mencari Klien dengan Sabar

Tips yang selanjutnya adalah mencari klien. Jadi, kamu tidak diperkenankan untuk diam menunggu saja. Kamu harus meluaskan relasi dan aktif di media. Karena tanpa hal itu, pasti sedikit orang yang bakalan menggunakan jasa konveksi baju yang kamu miliki.

Kenalkan kepada lingkungan sekitar apa jasa yang kamu miliki. Hal itu bisa lewat sosial media. Kalau perlu, kamu menyebar pamflet kecil-kecilan atau menempelkan pamflet tersebut di beberapa tempat strategis.

Hal itu perlu kamu lakukan demi mendapatkan klien. Memang susah dan capek tentunya. Namun hal itu harus kamu lakukan demi mendapatkan klien yang banyak. Cara ini adalah cara yang paling efektif secara offline.

Bangun Brand yang Kamu Miliki

Setelah sudah memiliki tempat, ciptakan brand konveksi kamu. Berikan pelayanan yang maksimal dan terus perbaiki portofolio. Raih kepercayaan publik agar mendapatkan banyak impress dari mereka.

Sehingga, kamu tidak boleh sama sekali mengecewakan klien. Kamu harus bisa profesional dan mengerjakan pesanan sesuai dengan MoU yang telah disepakati. Apalagi jika kamu memang memutuskan untuk melayani konveksi seragam saja.

Mengingat seragam adalah seragam wajib sekolah, maka kualitas jahitan adalah satu hal yang sangat penting. Jangan sampai menyepelekannya, karena jika hal itu kamu lakukan, artinya kamu akan menghancurkan usaha konveksi milikimu sendiri.

Konsisten dan Melakukan Perbaikan

Tips memulai usaha konveksi seragam sekolah selanjutnya adalah konsisten. Maksudnya adalah tidak menyerah meskipun belum mendapatkan klien. Pastikan mengerjakan pesanan dengan baik dan selalu berkomunikasi dengan baik.

Jangan sampai seenaknya dan melayani klien dengan buruk. Karena hal itu akan menjadi isu yang merusak citra atau brand dari bisnis yang kamu miliki. Jadi, jangan sampai sekali-kali menyepelekan pelayanan dan hasil produksi dari konveks yang kamu miliki.

Memang, hal ini sangatlah berat. Apalagi jika kamu memang membangun bisnis konveksi seragam sekolah ini dari nol. Artinya kamu harus merintis sedikit demi sedikit. Berusaha lebih keras untuk mengenalkan bisnis dan menawarkan jasa yang kamu miliki.

Beberapa tips memulai usaha konveksi seragam sekolah di atas pada dasarnya adalah tips umum. Namun, karena yang kamu kerjakan adalah seragam, maka kualitas harus terus ditingkatkan dan jangan lupa memaksimalkan pelayanan. 

You might be interested in …

Tradisi Unik Masyarakat Bengkulu untuk Sambut Lebaran

Tradisi Unik Masyarakat Bengkulu untuk Sambut Lebaran

Informasi

Sepertinya sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat kita ketika Lebaran akan tiba. Tiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda. Tradisi Unik dan penuh suka pastinya. Seperti tradisi unik dari Daerah Bengkulu yang akan kita bahas kali ini.  Dilansir dari berita Bengkulu, menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Bengkulu turut meramaikan 3 tradisi unik. Ketiga […]

Read More
pelindung tubuh

Pelindung Tubuh dalam Keselamatan Kerja

Uncategorized

Keselamatan kerja menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan menerapkan keselamatan kerja ini pastinya akan menjadikan pekerja selamat dari berbagai risiko kecelakaan dan berbagai insiden lain. Dengan mengenakan pelindung tubuh ketika bekerja pastinya akan menunjang keselamatan Anda ketika bekerja, khususnya di lapangan. Bekerja di lapangan memang banyak menantang risiko sehingga harus menggunakan pengaman […]

Read More
Klasifikasi Geotextile dalam Pembangunan

Klasifikasi Geotextile dalam Pembangunan

Informasi

Material geotextile adalah material yang banyak digunakan dalam berbagai proses pembangunan dan teknik sipil. Material ini memiliki kelebihan yang membuatnya lebih banyak dipilih. Klasifikasi geotetextile dibagi menjadi dua. Dalam teknik sipil, klasifikasi geotextile terbagi menjadi dua yaitu geotextile woven dan non woven. Keduanya memiliki kelebihan dak fungsinya masing-masing. Sehingga, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan […]

Read More